Saranghae… Ice Princess… (Chapter 3)

Part 3
Title : Saranghae… Ice Princess…
Author : ZeyVhii Kim
Main cast : EXO-K SeHun, Kim Ryuki, EXO-K BaekHyun
Other cast : Super Junior RyeoWook, Park Jae Kyung, other member EXO-K, other member EXO-M, other member Super Junior, SM Artists
Genre : romance, friendship, family, comedy (?)
Length : chapter
Rating : general
Anyeong haseyo chingudeul ^_^… ini ff pertama aku di blog ini. Mianhae kalau diff ini banyak kata-kata yang kasar, tapi inilah imaginasiku. Kalau gitu tidak usah banyak bicara aja deh… let’s check it out… happy reading chingudeul…^_^
**
School Of Performance Art,, 8.00 a.m.
Ryuki sudah sampai di depan gerbang sekolahnya. Seperti biasa dia pergi sendiri dan tidak diantar oleh oppanya. Setelah pulang dari dorm Super Junior semalam, ia kembali ke apartemennya. Ia berjalan santai masuk halaman sekolahnya, sampai langkahnya terhenti saat seseorang memanggil namanya.
“RYUKI-YA, TUNGGU AKU!!”teriak Jae Kyung sambil berlari. Ryuki menoleh dan berhenti untuk menunggu sahabat kecilnya itu.
“kenapa…kau…jalannya…cepat…sekali??? Aku…sampai…harus…berlari…untuk…mengerjarmu…hosh…hosh…hosh…”ucap Jae Kyung terbata-bata sambil tersengal-sengal. Ryuki hanya tersenyum tipis lalu berjalan mendahului Jae Kyung yang masih tersengal-sengal.
“hufft…selalu saja seperti itu! kapan dia akan menanggapiku?”keluh Jae Kyung lalu berjalan mensejajarkan langkahnya dengan Ryuki.
Mereka berjalan beriringan menuju kelas mereka. Di tengah perjalanan (?), mereka berpapasan dengan Kai dan SeHun.
“ah, anyeong Kai sunbae, SeHun sunbae…”sapa Jae Kyung ramah. Sementara Ryuki tak menyapa dan hanya memberikan tatapan datar nan dinginnya.
“nado anyeong.”sapa Kai dan SeHun serempak tanpa menghiraukan tatapan dingin Ryuki.
“sunbae, mau ke kelas ya? Sunbae juga baru datang?”tanya Jae Kyung.
“nae, kami baru saja tiba.”jawab Kai ramah.
Tanpa memperdulikan Jae Kyung, Ryuki berjalan meninggalkan Kai, SeHun dan Jae Kyung. Hal ini membuat SeHun kesal.
“dia benar-benar dingin dan menyebalkan.”gerutu SeHun. Jae Kyung dan Kai menatap bingung SeHun, karena merasa ditatap SeHun segera menutup mulutnya dengan punggung tangannya, membuat Kai sadar akan ucapan SeHun.
“mianhae atas kelancangan SeHun berbicara seperti itu.”ujar Kai menyesal, diikuti dengan anggukan lemah SeHun.
“gwenchanayo Kai sunbae. aku memang sependapat dengan SeHun sunbae. kadang-kadang Ryuki itu bertingkah menyebalkan seperti tadi. Aku saja sampai kelelahan menghadapinya. Tapi apapun dan bagaimanapun sikapnya, aku tetap menyayanginya sebagai sahabatku.”tutur Jae Kyung.
Kai dan SeHun hanya terdiam.
“ya sudahlah sunbae, maafkan sikap Ryuki tadi ya. Aku harus segera ke kelas sekarang sebelum dia mencariku. Anyeonggi gaseyo sunbaedeul…”seru Jae Kyung lalu berjalan meninggalkan Kai dan Sehun sambil melambaikan tangannya. Kai dan SeHun membalasnya dengan melambaikan tangan juga.
**
Bel tanda pulang akhirnya berbunyi. Para siswa Seoul Performance of Art High School berhamburan keluar kelas menuju gerbang sekolah, ada juga yang menuju tempat parkir untuk mengambil kendaraan mereka.
Jae Kyung dan Ryuki berjalan beriringan keluar kelas.
“Ryuki-ya, bagaimana keadaan Super Junior oppa?”tanya Jae Kyung.
“seperti yang kau lihat sehari-hari di TV kan?”tanya Ryuki balik. Jae Kyung mendengus kesal.
“setidaknya kan kau jawab saja keadaan mereka baik-baik saja, tidak usah berkata seperti itu padaku. Kau membuatku kesal saja.”gerutu Jae Kyung. Ryuki hanya mengendikkan bahunya acuh.
**
Ryuki’s apartment
Ryuki memasuki apartemennya dengan langkah gontai. Ia melempar tasnya sembarangan kemudian menghempaskan tubuhnya ke atas sofa. Ia kemudian membuka tutup botol minuman yang dia beli di luar saat pulang ke apartemen lalu meneguknya perlahan. Tak lama kemudian, seorang namja memasuki apartemennya.
“omo,, kau sudah pulang Ryuki-ya!”seru Wookie kaget. Ryuki hanya melirik sekilas lalu kembali sibuk meneguk minumannya.
Wookie pun kemudian ikut duduk di samping Ryuki, lalu merebut botol minuman dari tangan Ryuki. Ia lalu meneguk minuman itu, sementara Ryuki hanya melirik sekilas lalu kembali menatap lurus ke depan. Jika sekilas dipikirkan, apa yang dilakukan oleh Wookie merupakan ciuman secara tidak langsung karena ia meminum botol bekas dari Ryuki minum, namun Ryuki tidak memperdulikannya. Toh, itu wajar karena Wookie adalah oppanya.
“Ryuki-ya, aku ada berita untukmu.”ujar Wookie serius, tapi Ryuki tetap sibuk menatap lurus ke depan.
“sebentar lagi, Super Junior akan melakukan world tour untuk comeback stage. Itu sepertinya berlangsung lama.”
Kali ini sukses membuat Ryuki menoleh kearah Wookie dan menatapnya dengan tatapan penasaran.
“berapa lama?”tanya Ryuki singkat.
Seolah tahu apa maksud pertanyaan dongsaengnya itu Wookie menjawab ragu.
“aku tidak tahu world tour akan berlangsung sampai kapan. Tapi jika diingat dari semua konser-konser Super Junior, mungkin akan berlangsung selama 6 bulan atau setengah tahun.”jelas Wookie. Ia lalu menaruh botol minumannya ke meja dan menatap serius kearah Ryuki yang dari tadi menatapnya heran.
“6 bulan? Apa itu tidak terlalu lama?”tanya Ryuki pelan.
“kenapa? Apa kau tidak sanggup aku tinggal?”
Ryuki menggeleng.
“kalau kau tidak sanggup tinggal sendiri, nanti akan ku bicarakan pada Teukie hyung dan juga pada semuanya.”
Ryuki kembali terdiam sambil menatap lurus ke depan. Namun dia sedang berpikir, apa yang akan terjadi pada dirinya jika Wookie tidak bersamanya selama beberapa bulan ke depan. Sebenarnya ia agak sedikit tidak rela jika Wookie akan melakukan world tour bersama dengan member Super Junior lainnya, tapi ia memilih diam dan seakan mengizinkan Wookie untuk melakukan apapun yang dia mau.
“besok aku akan ke dorm untuk membicarakan masalah ini. Aku akan menginap disini bersamamu. Tapi besok kau juga harus ikut agar semuanya bisa terselesaikan. Sekarang kau istirahatlah dulu.”perintah Wookie sambil membelai rambut panjang Ryuki. Ryuki hanya mengangguk menjawab perintah Wookie, kemudian berjalan masuk ke kamarnya meninggalkan Wookie di ruang tamunya.
“kapan kau akan kembali seperti dulu lagi Ryuki-ya? Aku sedih jika kau seperti ini terus, mencueki semua orang yang ada di sekitarmu, termasuk mencuekiku.”gumam Wookie sedih sambil menatap pintu kamar Ryuki yang sudah tertutup.
**
Tomorrow…
At Super Junior dorm,, 2.30 p.m.
Ryuki sudah pulang dari sekolah dan langsung menuju dorm Super Junior karena oppanya ingin membicarakan sesuatu yang penting. Setelah memasuki halaman dorm, ia mengetuk pintu dorm. Sesaat kemudian, seorang namja bertubuh atletis membukakan pintu untuknya.
“omo, Ryuki-ya, kau sudah datang rupanya. Masuklah, semuanya sudah menunggumu di dalam.”seru Siwon mempersilahkan masuk. Ryuki mengangguk kemudian masuk dorm lebih dulu diikuti Siwon setelah menutup pintu.
“RYUKI-YA!!! Kau sudah datang rupanya!!! Duduklah chagiii…”seru Leeteuk senang sambil berjalan mendekati Ryuki dan merangkulnya. Hal ini membuat member Super Junior yang lainnya merasa cemburu, sedangkan Ryuki memasang wajah datarnya seperti biasa.
“oh Ryuki-ya, kau sudah datang rupanya.”ujar Wookie yang baru keluar dari dapur sambil membawa beberapa kaleng minuman.
Setelah semua member berkumpul di ruang tengah, mereka memulai pembicaraan serius.
“Ryuki-ya, kau pasti sudah tahu dari Wookie kalau sebentar lagi Super Junior akan melakukan world tour ke berbagai Negara untuk merilis album baru selama setengah tahun atau 6 bulan. Dorm juga pasti akan terasa sepi dan sunyi karena kami akan jarang pulang. Jadi kami berumbuk dan mengambil sebuah keputusan…”ujar Leeteuk panjang lebar. Member Super Junior yang lain terdiam namun tegang, takut-takut kalau Ryuki akan menolak keputusan ini… sedangkan Ryuki hanya terdiam sambil menatap mereka datar.
“mianhaeyo Ryuki-ya… kami tidak bisa mengikutkanmu dalam world tour ini mengingat kalau kau itu baru masuk sekolah. Jadi kami akan menitipkanmu ke salah satu hobae kami untuk menjagamu… kami takut terjadi apa-apa denganmu jika meninggalkanmu sendiri di sini apalagi kau itu seorang yeoja… kau…… setuju kan Ryuki???”tanya Yesung ragu-ragu. Semua member sontak menatap tegang kearah Ryuki berharap Ryuki mau menerima keputusan ini.
Ryuki masih tetap terdiam sambil menundukkan kepalanya, namun dia tampak berpikir. Sebenarnya dari lubuk hatinya yang paling dalam, ia tidak rela jika ditinggalkan oleh oppa Super Juniornya apalagi selama 6 bulan. Namun ia tidak bisa menolak karena ini sudah merupakan resikonya menjadi seorang dongsaeng dari artis terkenal seperti Wookie Super Junior, sering ditinggal untuk melakukan konser.
Ia kemudian memutuskan. Ia mendongakkan kepalanya menatap member Super Junior yang sedang menatapnya serius seolah berharap padanya.
“geureu… aku setuju. Aku akan tinggal bersama dengan hobae kalian selama 6 bulan.”ujar Ryuki.
Member Super Junior langsung tersenyum sumringah terutama Leeteuk dan Wookie.
“kau tenang saja, chagi. Mereka ini anak-anak yang baik. Mereka tidak akan menyakitimu dan pasti akan melindungi sama seperti kami melindungi dan menyayangimu.”ujar Leeteuk senang.
“kau tidak usah khawatir, aku akan selalu menelfonmu dan memberi kabar untukmu. Aku juga akan memberitahu mereka apa yang kau suka dan tidak kau suka agar kau merasa nyaman. Kalau mereka berbuat yang aneh-aneh denganmu, kau telfon saja aku atau hyung-hyung dan dongsaeng yang lainnya.”celoteh Wookie panjang lebar.
Ryuki hanya mengangguk pasrah. Member Super Junior terlihat senang.
“aku akan sering menelfonmu chagi. Tenang saja.”ujar Eunhyuk senang.
“Eunhyuk-ah, yang berhak memanggil Ryuki dengan sebutan chagi itu hanya aku seorang saja.”protes Leeteuk kesal.
“hyung, kau tidak boleh rakus seperti itu. aku juga menyayangi Ryuki, jadi aku juga berhak memanggilnya chagi.”ujar Eunhyuk membela diri.
“tidak bisa. Kau carilah panggilan sayang yang lain.”ujar Leeteuk tak mau kalah.
“kalau begitu aku panggil Ryuki my sweety saja.”ujar Eunhyuk.
“aku akan memanggilnya nae yeobo.”celetuk Donghae.
“my princess.”ujar Kyuhyun.
“my darling.”tambah Sungmin.
“my little puppy.”ujar Yesung. Member Super Junior menatap Yesung datar, Ryuki menatap bingung Yesung.
“memangnya kenapa? Dia memang imut seperti anak anjing yang berekor putih.”ujar Yesung membela diri. Member SuJu yang lain hanya geleng-geleng kepala kesal.
“aku akan memanggilnya Droppy.”ujar Siwon.
“aku memanggilnya my sexy dongsaeng.”ujar Heechul. Member SuJu menatapnya kaget termasuk Ryuki.
“yaa!! Heechul hyung, kau ini yadong sekali!”seru Kyuhyun kaget.
PLETAK!!
“aishh hyung, kepalaku sakit!”gerutu Kyuhyun sambil memegang kepalanya yang habis dijitak oleh Heechul sambil meringis kesakitan.
“kau ini dongsaeng yang kurang ajar.”ujar Heechul kesal. Member yang lain tertawa melihat kelakuan Heechul dan Kyuhyun sedangkan Ryuki tersenyum.
“aku memanggilnya teddy bear sama seperti aku.”ujar Shindong.
“kalian ada-ada saja.”ujar Wookie.
Ryuki menatap satu persatu member Super Junior yang sedang tertawa lepas. Ia akan merindukan moment seperti ini. Moment dimana ia dikelilingi oleh orang-orang yang menyayanginya. Tak sadar ia menyunggingkan senyumannya yang tulus. Senyuman tulus itu disadari oleh Wookie yang diam-diam menatap dongsaengnya, membuat ia tersenyum tulus juga.
**
At Dorm EXO-K
Member EXO-K sedang bersantai-santai di depan tv. Mereka sedang tidak ada jadwal hari ini. Kai dan SeHun sedang bertanding bermain PS, BaekHyun dan Chanyeol sedang bermain catur, sedangkan D.O dan Suho sedang asyik memakan snack sambil memperhatikan SeHun dan Kai bermain PS.
Careless carerless shoot anonymous anonymous
heatless mindless no one who care about me
Ringtone MAMA yang berasal dari ponsel Suho berdering menandakan seseorang menelfon. Ia pun segera mengangkatnya.
“yeobseoyo?”
“………”
“ah ne hyung.”
“………”
“baiklah kami akan ke dorm Super Junior.”
“………”
“kami akan tiba malam nanti sesudah makan malam.”
Klik!
Sambungan terputus. Member EXO-K yang lain menatap Suho sejenak, lalu kembali ke aktifitas masing-masing.
“dari siapa hyung?”tanya D.O
“tadi Leeteuk hyung baru saja menelfon. Dia menyuruh kita untuk datang ke dorm Super Junior nanti malam. Katanya ada sesuatu yang ingin mereka bicarakan dengan kita.”ujar Suho. D.O mengangguk mengerti.
“woooww… kau kalah lagi SeHun-ah.”seru Kai.
“kau melakukan kecurangan Kai-ya. Aku tidak terima.”protes SeHun.
“aku tidak curang. Peraturannya memang seperti itu. kalau kau kalah, terima saja. Tidak usah protes.”seru Kai membela diri.
“tapi kau curang…”seru SeHun kesal.
“ani!”
“curang!”
“ani!”
“kalian berisik!! Aku tidak bisa konsentrasi!!!”seru BaekHyun kesal.
“skak!! Kau kalah BaekHyun-ah.”seru Chanyeol senang.
“yaa! Tadi aku tak lihat. Ulangi lagi. Kau curang Chanyeol-ah!!”protes BaekHyun.
“mehrong!! Kau kalah BaekHyun-ah!!!”ledek Chanyeol sambil menjulurkan lidahnya. Chanyeol sudah berlari meninggalkan BaekHyun.
“yaa! Tiang listrik, kemari kau!!”seru BaekHyun. Ia pun mengejar Chanyeol. Mereka akhirnya saling kejar-kejaran.
“Kai-ya, aku tidak terima yang jelas kau itu curang.”protes SeHun.
“aku bilang aku tidak curang. Kenapa kau itu keras kepala sekali?”seru Kai membela diri.
“kau curang!”seru SeHun tidak terima.
“ani! Aku tidak curang!”bela Kai.
“curang!”
“ani!”
“curang!”
“ani!”
SeHun dan Kai saling menuduh. BaekHyun dan Chanyeol saling kejar-kejaran. Hal ini membuat Suho dan D.O. saling menatap sambil menggelengkan kepala pasrah.
“mereka semua benar-benar kekanakkan!”ujar D.O. pasrah.
“mengapa aku harus menerima cobaan seberat ini?”ujar Suho pasrah.
**
Dorm Super Junior 7.30 p.m.
Member EXO-K sekarang sedang dalam perjalanan menuju dorm Super Junior karena sore tadi Leeteuk menelfon untuk menyuruh mereka datang.
Setelah memasuki halaman dorm yang asri mereka lalu menuju pintu dorm dan menekan tombol intercom.
“nuguya?”tanya seseorang dari dalam.
“ini kami hyung. EXO-K!”teriak Suho.
Klek!
Pintu terbuka dan seorang namja keluar dari balik pintu.
“ah, kalian sudah datang rupanya. Ayo masuklah, kami sudah menunggu kalian.”ujar Donghae.
“ne hyung.”ujar member EXO-K serempak.
Mereka pun masuk ke dalam dorm dan langsung disapa oleh member Super Junior yang lainnya.
“anyeong haseyo sunbaenim…”sapa member EXO-K serempak sambil membungkukkan badan hormat.
“ne anyeong…”jawab member SuJu serempak.
“silahkan duduk…”perintah Leeteuk.
Member EXO-K pun duduk di sofa yang besar di samping para member SuJu. Mereka pun serempak berkumpul bersama membentuk sebuah lingkaran di sofa.
“tunggu sebentar. Aku mau ke dapur dulu mengambilkan kalian minuman.”ujar Wookie kemudian berjalan memasuki dapur.
“apa kabar kalian?”tanya Yesung.
“kabar kami baik saja-saja hyung.”jawab D.O ramah.
“bagaimana dengan jadwal kalian? pasti kalian semakin sibuk setelah debut.”ujar Shindong.
“yah… seperti itulah hyung. Kami sering mendapatkan jadwal yang sibuk tapi tidak setiap hari juga.”jawab Suho.
Tak lama kemudian Wookie keluar dari dapur sambil membawa beberapa kaleng minuman yang ditaruhnya di nampan yang agak besar.
“hyung, kalau boleh kami tahu apa sebenarnya maksud hyung menyuruh kami datang kemari?”tanya BaekHyun penasaran.
“memangnya kenapa? Apa kalian sibuk hari ini?”tanya Leeteuk.
“aniyo Leeteuk hyung. Hanya saja, kami merasa asing datang kemari karena kami belum pernah kemari sebelumnya.”ujar Kai malu-malu.
“ah kalian tidak usah seperti itu. anggap saja ini juga dorm kalian. kalau kalian mau, sering-seringlah berkunjung kemari. Kami merasa senang kalau kalian berkunjung kemari.”ujar Sungmin sambil tersenyum ramah.
Member EXO-K hanya tersenyum malu-malu.
“baiklah supaya kalian tidak merasa penasaran, kami akan memulai pembicaraan ini.”ujar Wookie.
Suasana menjadi agak tegang.
“begini, apa kami boleh meminta bantuan kalian?”tanya Leeteuk serius.
“tentu saja hyung. Sebisa mungkin kami akan membantu hyungdeul.”ujar SeHun sambil mengangguk diikuti oleh anggukan member EXO-K lainnya.
Member Super Junior saling menatap ragu satu sama lain, membuat member EXO-K kebingungan.
“ehm… kalian… keberatan tidak kalau kami menitipkan dongsaeng kami pada kalian?”tanya Wookie ragu-ragu.
“dongsaeng???”seru member EXO-K serempak. Wookie mengangguk.
“memangnya dongsaeng siapa hyung?”tanya Chanyeol.
“tentu saja dongsaeng kami semua.”ujar Eunhyuk.
“sebenarnya dia itu dongsaeng kandung Wookie hyung tapi kami menyayangi dan mencintainya seperti dongsaeng kami sendiri.”ujar Kyuhyun.
Member EXO-K mengangguk-angguk mengerti.
“dia pasti sangat lucu dan imut sampai kalian semua menyayanginya.”ujar SeHun.
“tentu saja. Dia itu yeoja paling imut, lucu dan cantik.”ujar Donghae.
“sudahlah Donghae hyung. Kau tidak usah melebih-lebihkan seperti itu.”ujar Wookie. Donghae menyengir.
“kalian tahu kan kalau sebentar lagi kami akan menyelenggarakan world tour ke berbagai belahan dunia dan waktunya itu selama setengah tahun. jadi untuk sementara kami ingin menitipkan dongsaeng kami pada kalian. kami khawatir dan takut terjadi apa-apa padanya kalau kami meninggalkannya sendiri di sini. Jadi kalian mau menolong kami?”ujar Leeteuk panjang lebar.
“tapi mengapa harus kami hyung, bukankah masih ada yang lain?”tanya SeHun polos. Suho langsung menyenggol lengan SeHun, membuat SeHun menutup mulutnya dengan punggung tangannya seketika. Member EXO-K lain tersenyum kikuk, sedangkan member SuJu menahan tawa melihat tingkah lucu hobae mereka.
“kami sudah meminta bantuan pada hobae-hobae yang lain seperti SNSD, SHINee dan F(X) tapi mereka juga sibuk dalam comeback stage mereka. Satu-satunya harapan kami hanyalah kalian. kalian mau kan membantu kami?”tanya Wookie memelas.
Member EXO-K saling menatap ragu.
“aku sudah meminta izin dari manager kalian dan ia setuju.”ujar Leeteuk.
“kami mohon… jebal…”pinta Eunhyuk memelas.
“Eunhyuk hyung tidak perlu seperti itu. tentu saja kami akan menolong kalian, dengan senang hati.”ujar Suho sambil tersenyum diikuti member yang lain.
“kamsha hamnida dongsaeng-ah… jeongmal kamsha hamnida…”seru member SuJu serempak.
“cheonmaneyo hyungdeul…”sahut Suho.
“lalu, di mana dongsaeng hyungdeul itu?”tanya BaekHyun penasaran.
“dia sedang keluar sekarang bersama Siwon. Mereka sedang ke apartemenku mengambil buku-bukunya.”ujar Wookie. BaekHyun mengangguk.
“besok aku dan Wookie akan membawanya ke dorm kalian sepulang dia dari sekolah, sekaligus memperkenalkan kalian padanya.”ujar Leeteuk.
“ne hyung.”seru member EXO-K serempak.
“kalau begitu, kami permisi pulang dulu hyung. Ini sudah larut malam. Besok kita bertemu lagi hyung. Anyeong…”seru BaekHyun. Mereka lalu berpamitan pada member SuJu.
“ne anyeong. josimhae.”seru Kyuhyun.
Member EXO-K pun memasuki van mereka. Tak lama kemudian van itu melaju meninggalkan halaman dorm SuJu hingga tak tampak lagi.
“hyung, kau yakin dengan keputusan ini?”tanya Kyuhyun.
“apa Ryuki bisa dengan mudah beradaptasi dengan mereka?”tanya Donghae.
“kita saja berusaha keras untuk membuat dia ingat dengan kita dan diri kita yang sudah bertahun-tahun bersamanya. Apalagi dengan member EXO-K yang baru dikenalnya, bisa-bisa Ryuki semakin menutup diri pada orang di sekitarnya.”celetuk Sungmin.
“aku yakin ini adalah keputusan yang bijak, dan juga Ryuki pasti bisa beradaptasi dan akrab dengan mereka. Mereka kan juga hampir seumuran dengan Ryuki terutama Kai dan SeHun. Jadi pasti mereka akan mengerti apa yang disukai dan tidak disukai Ryuki.”ujar Leeteuk menenangkan.
‘semoga saja apa yang dikatakan Leeteuk hyung itu benar.’batin Wookie.
TBC
Gimana chingu? Jelekkah? Ditunggu comentnya yah…… See you in next part!!!!
**

13 pemikiran pada “Saranghae… Ice Princess… (Chapter 3)

  1. Sehun nanti apa nggak nyesel bilang kalau adiknya Ryeowook itu lucu dan imut??
    Bukannya tadi Sehun bilang kalau Ryuki itu menyebalkan ya?? kkk~~
    Aku nggak sabar pengen tau gimana reaksi Sehun sama Kai kalau ketemu sama adiknya Ryeowook yang ternyata adalah Ryuki itu 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s