Tentang Novel XOXO Love dan Cara Pembelian

promo2

must read!

TENTANG XOXO LOVE

XOXO LOVE adalah novel kumpulan fanfiction. Terdiri dari 3 jilid buku dengan ff yang berbeda-beda, total ff adalah 32 (29 ff dari BIG30 XOXO Party 2013 dan 3 ff dari juri). Jumlah halaman masing-masing jilid novel berbeda antara 260 -290 halaman.

Karya BIG30 event XOXO Party 2013 yang dimasukkan dalam novel ini sudah mendapatkan ijin dari author yang bersangkutan, dimana sudah kami kirimkan Surat Pemberitahuan Penerbitan sebelumnya. Author-author ini juga akan mendapatkan royalti dari hasil penjualan. Jadi proses penerbitan sudah melewati prosedur yang jelas. Perlu diberi catatan bahwa karya yang kami masukkan hanyalah karya yang masuk BIG30 (yang sebelumnya pernah kami post di side blog event XOXO Party). Karya yang tidak lolos seleksi BIG30 kami kembalikan lagi kepada author masing-masing. Sosialisasi penerbitan novel ini juga berlangsung lama, jadi author BIG30 tidak ada istilah ketinggalan informasi.

PEMBELIAN XOXO LOVE

Penerbitan novel dilakukan secara self-publishing melalui nulisbuku.com. Jadi novel tidak dijual di toko buku. Pembelian hanya secara online melalui nulisbuku.com. Blog tidak meng-handle PO, jadi jika kamu ingin beli bisa langsung ke websitenya. Jika ada kesulitan silahkan contact @violetkecil. Cara pembelian lengkap bisa baca di sini.

Harga masing-masing jilid novel adalah Rp. 70.000,- (belum termasuk ongkos kirim). Dan, kami juga ada promo spesial hingga 3 Agustus 2013, yaitu ‘Undian buat mendapatkan 1 CD Original EXO’. Caranya?

  1. Beli ketiga jilid novel. Di masing-masing jilid ada1 kupom undian. Isi dan kirim sesuai ketentuan (ketentuannya silahkan dibaca di bawah kupon)
  2. Kupon akan kami undi dan dipilih 1 yang beruntung buat mendapatkan 1 CD Original EXO
PROMOSI XOXO LOVE

Author BIG30 yang karyanya masuk di novel ini tentu akan mendapatkan royalti. Jadi wajib dong ikut aktif mempromosikan novel ini. Tidak terkecuali seluruh pembaca dan pengujung blog juga bisa ikut membantu kami mempromosikannya,

Nah, untuk strategi promosi untuk Finalis BIG30 dan juga reader blog, bisa dibaca pemberitahuan dari salah satu sponsor & juri event, ‘hyeahkim’, di bawah ini~

MARI KITA PROMOSIKAN NOVEL XOXO LOVE

Dear Editor, Admin, & Author Novel XOXO LOVE Vol 1,2,3. Terima kasih telah berpartisipasi dalam kompetisi fanfiction XOXO Party with blog exofanfictiondan hyeahkim. Sebentar lagi nama pemenang akan diumumkan, dan tinggal menunggu hari hadiah akan sampai ke tangan pemenang dan tentunya yang paling membanggakan, hanya tinggal menunggu hari saja, novel kita akan diterbitkan.

Mengingat banyaknya karya ff yang masuk dalam novel ini maka novel terbagi menjadi tiga jilid. Tapi jangan khawatir, semua novel memiliki kualitas yang sama, dan semuanya worthed untuk dibeli dan tentu saja dibaca.

Banyak kejutan menarik jika kalian dan penggemar exo, Kpop, fanfiction membeli ketiga novel ini. Selain kualitas 30 ff yang diatas rata, terbagi atas banyak genre yang menarik, juga hadiah 1 buah CD EXO jika kalian MEMBELI KETIGANYA DAN MENGIRIMKAN STRUK BUKTI PEMBELIAN & KUPON UNDIAN KEPADA KAMI. Struk/bukti transfer dan kupon undian (kupon ada di dalam novel) akan kami undi untuk mendapatkan apapun CD EXO yang kalian suka. Mudah sekali, bukan?

Untuk para kontributor novel ini tentu saja kami telah menyiapkan pengaturan royalti yang kami susun seadil-adilnya. Bayangkan, jika kalian mampu membuat 10 teman kalian membeli ketiga novel mu dan mereka mampu mengajak 10 teman yang lainnya untuk membeli, maka semakin besar royalti yang akan kalian dapatkan. Oleh karena itu, kita sama-sama yuk mempromosikan novel kita ini. Novel ini bukan hanya milik blog exoff, judges, admin, author tapi milik MDR, readers, dan kita semua. Jadi mengapa tidak kita mempromosikannya.

Lalu cara mempromosikannya bagaimana, banyak sekali ide tapi mari kita coba dari yang sederhana saja dulu. Siap?

  • Promosi Mouth to Mouth. Jangan bosan untuk memberi tahu adik, kakak, teman, untuk membeli novel kita. Jika mereka tidak tertarik, tidak mengapa tapi minta bantuan mereka untuk mempromosikan novel tersebut kepada teman-temannya, kerabatnya, dan seterusnya. Cara paling efektif tunjukan blog nulisbuku.com (penerbit novel ini) yang ada novel kita, atau tunjukkan cover novelnya, dll.
  • Blog Exo FF akan menyiapkan template berupa sebagian besar cover novel 3 volume dan sedikit abstrak (Template klik disini, silahkan isi dengan id twitter/akun medsos/no.hp pada bagian ‘contact person’). Pasang template itu di FB, twitter, instagram, blog, dan media social lainnya terutama selama bulan promosi (6 bulan setelah novel dirilis). Admin akan selalu mengecek dengan jadwal random. Jangan merasa diawasi ya, ini hanya supaya kita semua mempromosikan novelmu ini.
  • Jangan bosan untuk rutin membuat status dan men tag orang-orang potensial di medsosmu. Lakukan rutin missal satu jam sehari. Rasanya lelah sekali ya kalo harus sesering itu. Tapi sekarang sudah ada aplikasi manajemen media sosial seperti HootSuite atau Buffer untuk membantu menjadwalkan tweetmu.
  • Buat Tweet dan status FB, Instagram & medsos lainnya dengan tulisan yang kreatif dan menarik minat pembaca. Bisa mencakup judul2 yang ada di novel kita, sedikit abstrak ff di dalamnya, info kupon undian exo, cerita-cerita soal exo, dll
  • Khusus untuk twitter jangan lupa menggunakan hashtags – keyword # – misal #xoxolove jual novel exo. Hastag bisa bermacam buatlah beberapa hashtag yang kreatif sehingga orang tidak merasa bosan membacanya. Pastikan ada hal-hal baru dan menarik pada setiap status dan hastagmu. Promosikanlah hashtag baik online dan offline.
  • Hastag juga bisa kamu gunakan untuk instagram, jadi gunakanlah semua saluran media social untuk mempromosikan novelmu ini.
  • Perbanyak jumlah member, follower, dan visitor pada blog dan media sosialmua ya. Contoh kecil untuk twitter, mention dan retweet konten mereka untuk mendapatkan perhatian mereka dan mereka akan folback.  Mereka pasti akan membaca setidaknya beberapa dari statusmu.
  • Jika novel ini ada hadiahnya, tidak ada salahnya kamu membuat hadiah sendiri untuk teman-teman yang membeli novelmu. Hadiahnya tidak usah yang mahal-mahal, misalnya, kamu bersedia membuatkan ff dengan cast biasnya temenmu yang menang undian dalam kuis yang kamu buat sendiri.
  • Promosi konten gratis, missal di FB kamu menyediakan salah satu FF terbaik yang pernah kamu buat untuk mereka baca secara gratis. Setelah membaca FF mu, mereka akan tertarik untuk membeli novelmu karena contoh FF gratis itu ceritanya bagus (tapi jangan FF yang ada di novel ya).
  • Blog termasuk sarana yang efektif, perbaharui kontennya sehingga jumlah visitor meningkat, syukur-syukur nambah follower. Tapi simpanlah template novel ini dalam kondisi sticky sehingga selalu ada di depan dan mudah terbaca oleh visitor.
  • Bekerja sama dengan blogger lain untuk tukar menukar blog di blogger. Jadi visitor dari blog lain bisa dengan mudah berkunjung ke blogmu. Keuntungannya tidak hanya mereka akan tertarik dengan jualan novelmu tapi juga dengan konten blogmu.
  • Bekerja sama dengan temanmu yang memiliki akun medsos. Mintalah mereka untuk memasang template promosi di akun-akun mereka. Sebagai teman yang baik pasti mereka akan dengan senang hati membantumu.

Itu hanya sekian dari teknik menjual tanpa kita harus bersusah payah jualan seperti sales. Keuntungannya, tentu saja jumlah royalti yang semakin besar dan tentu saja kebanggaan dari dirimu sendiri bahwa kamu adalah author ff yang diakui. Tidak hanya membanggakan dirimu, tapi teman2, dan keluargamu bukan?

Goodluck and welcome to be the real novelist.

Cheers

Yosa Abrar

 

Masih ada yang kurang jelas? Silahkan tinggalkan pertanyaan kamu di box komentar atau mention kami di @exofanfic_id

Iklan

24 thoughts on “Tentang Novel XOXO Love dan Cara Pembelian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s