EXOFanfiction & hyeahkim ‘ XOXO Party 2015’

poster-xoxoparty2015

 150208 UPDATE : Pengumuman BIG30 

Setelah sukses mengadakan XOXO Party 2013 dengan peserta FF Competition yang mendaftar adalah 215 orang dan total FF yang masuk 138 FF. Dan, untuk Pemilihan MDR, total peserta yang mendaftar adalah 34 orang. Kali ini kami mengadakan event yang serupa, XOXO PARTY 2015. Masih ada dua kompetisi, yaitu Kompetisi Menulis Fanfiction dan pemilihan Most Dedicated Reader.

Untuk event kali ini, kami melakukan beberap perubahan pada persyaratan dan ketentuan FF-nya. Silahkan dibaca baik-baik ya~

 ♚Hadiah:

Kategori Best Fanfiction

  • Best Fanfiction 1: EXO Album ‘EXODUS’ (bisa milih mau yg Gold ver. (Cover Kai) atau Silver ver. (Cover Xiumin) + Paket Buku ‘Forever and One’ + 2 Novel
  • Best Fanfiction 2: EXO Album ‘EXODUS’ (gak bisa milih ya) + Paket Buku ‘Forever and One’ + 2 Novel
  • Best Fanfiction 3: EXO Mini Album ‘Overdose’ (versi Korea) + Paket Buku ‘Forever and One’  + 2 Novel

Kategori Favorite Fanfiction Pilihan MDR

  • MDR’s Favorite 1: Paket Buku ‘Forever and One’  + 3 Novel
  • MDR’s Favorite 2: Paket Buku ‘Forever and One’  + 3 Novel

Kategori Favorite Fanfiction Pilihan Juri

  • Judge’s Favorite 1: Paket Buku ‘Forever and One’ + 3 Novel
  • Judge’s Favorite 2: Paket Buku ‘Forever and One’ + 3 Novel

Kategori Inspiring Fanfiction

  • Inspiring Fanfiction 1: Paket Buku ‘Forever and One’ + 3 Novel
  • Inspiring Fanfiction 1: Paket Buku ‘Forever and One’  + 3 Novel

Kategori Most Dedicated Reader

  • MDR 1: 2 Novel + EXO T-Shirt + Voucher Pulsa 50.000
  • MDR 1: 2 Novel + EXO T-Shirt + Voucher Pulsa 50.000
  • MDR 1: 2 Novel + EXO T-Shirt + Voucher Pulsa 50.000

*Hadiah mungkin dapat berubah.

Wajib dibaca: 10 Karya Terbaik akan dimasukkan dalam Book Project ‘Forever and One’ yang akan diterbitkan oleh Penerbit Araska. Dan 10 karya ini menjadi milik Panitia. 10 Karya terbaik adalah Best FF 1,2,3; MDR’s Favorite FF 1,2; Judge’s Favorite 1,2; Inspiring FF 1,2. Author yang termasuk dalam 10 Karya terbaik akan diberitahukan via email tentang penerbitan. Penerbitan buku ini bersifat non-royalti, jadi 10 author tidak akan mendapatkan royalti dari penjualan FF, namun akan mendapatkan nominal uang tertentu yang akan kami beritahu melalui email.

Harap dibaca baik-baik agar tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari ya~

 ➷Tahap Pertama FF Competition:

SYARAT ADMINISTRATIF 1. Memfollow blog exofanfiction.wordpress.com 2. Follow twitter @exofanfic_id, @kimhyeah22, @AraskaPublisher, @_Melodiary dan @mykpopstore

KETENTUAN PENULISAN & PENGIRIMAN FF 1. Tema: Forever and One 2. Satu orang hanya boleh mengirimkan 1 FF. 3. Tokoh utama/Main cast dari EXO. Kris dan Luhan masih dianggap sebagai member EXO ya, jadi bisa sebagai tokoh utama. 4. Tokoh pendukung/Supporting cast (protagonis) bebas: GB/BB/Solo/KPop Idol/artis Korea dan boleh OC. 5. Tokoh pendukung/Supporting cast (antagonis) harus OC, untuk menghindari bashing dan fanwar. 6. Length FF: Oneshot (2500 – 3000 kata) bisa dihitung dengan word count di microsoft word (2500-3000 kata adalah jumlah kata dalam cerita, tanpa spasi, bukan keseluruhan kata dalam satu file Microsoft Word). Tidak ada toleransi kekurangan/kelebihan jumlah kata. 7. Belum pernah dipublikasikan ke blog atau website manapun. 8. Tidak mengandung unsur SARA, kekerasan yang berlebihan/gore, self-harm, genderbender/genderswitch, YADONG, YAOI, dan YURI. Tidak ada yang berisi/menyinggung tentang kasus Kris dan Luhan. 9. Tidak plagiat, jika diketahui melakukan plagiarism akan didiskualifikasi. Admin memberikan perhatian khusus terhadap kemungkinan aksi ini. 10. Batas rating: PG-15 11. Genre dibebaskan kepada peserta asalkan disesuaikan dengan rating FF dan tema yang diberikan. 12. Diutamakan isi cerita yang dapat memberikan inspirasi positif kepada pembaca. 13. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penulisan sesuai EYD. 14. Istilah dan kalimat asing diperbolehkan (jika author menganggap itu penting) tapi tidak disarankan. 15. Kata dan kalimat asing harus dicetak miring dan diberi terjemahan di akhir kata. Dan kata hasil terjemahan tetap dihitung dalam length loh, jadi hati-hati untuk tidak terlalu banyak menggunakan bahasa asing. Mari kita mencintai bahasa negeri kita sendiri ya. 16. Font yang digunakan: TIMES NEW ROMAN. SIZE 12. SPACING 1.5 LINES. 17. Format FANFICTION yang harus dikirim kepada kami.

Halaman pertama dokumen FF.

  1. Judul:
  2. Cast:
  3. Genre:
  4. Length (jumlah kata):
  5. Abstrak cerita : Garis besar FF (3-4 kalimat sudah cukup)
  6. Author Notes: Secara singkat mengungkapkan inspirasi atau pesan moral yang diharapkan dapat ditangkap oleh readers ketika membaca FF ini (ditulis di akhir cerita)

[Isi FF Kamu]

Halaman paling akhir dokumen FF.

Tuliskan Biodata kamu, antara lain: nama lengkap, nama pena, alamat rumah lengkap (termasuk kecamatan dan kode pos), no.HP, twitter, alamat blog wordpress, dan alamat email yang digunakan untuk wordpress.

18. WordPress perlu ada untuk kami invite ke blog khusus XOXO Party jika kamu masuk BIG30 dan untuk membalas komentar calon Most Dedicated Readers pada FF-mu. 19. FF yang akan dinilai juri adalah FF yang memenuhi semua persyaratan tadi. Jadi pastikan kamu mengisi format tulisan di atas karena jika kamu alpa mengisi salah satu item, kamu akan didiskualifikasi jadi pastikan lengkap dan semua terisi ya. 20. Simpan FF kamu dalam format Microsoft Word 2003 dengan nama dokumen: Nama kamu_Judul FF kamu. 21. Kirim dokumen dalam bentuk attachment. Tidak diperkenankan menuliskan FF di body email. Kirim ke email ke exofanfiction.party@yahoo.com dengan format subyek/judul email:

[EXO FF COMPETITION]_ Nama kamu_Judul FF kamu

22. Nama yang dimaksud di atas adalah nama pena atau nama yang ingin digunakan untuk publikasi. 23. Peserta tidak wajib mengirimkan poster dan tidak mempengaruhi penilaian. 24. Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat kecuali yang terbukti plagiat.

Lihat Contoh Penulisan FF, dan tata cara pengiriman di sini!

 ➷Tahap Kedua FF Competition:

(PENCARIAN KANDIDAT MOST DEDICATED READERS & AUTHOR FAVORIT)

  1. Juri akan memilih 30 finalis terbaik/BIG30.
  2. Karya finalis akan ditampilkan di blog khusus XOXO Party, tapi tidak menyebutkan author-nya (anonim) supaya readers dan juri bisa menilai secara objektif. Blog hanya bisa diakses oleh admin, finalis dan peserta MDR.
  3. Author dapat juga mengikuti kompetisi Most Dedicated Readers dan sebaliknya.

 ➷Pemilihan Most Dedicated Reader:

  1. Kompetisi ini akan memilih Most Dedicated Readers (MDR), yaitu readers dengan komentar paling berbobot, kritikan yang membangun, masukan dan saran yang bermanfaat dan tidak menghina/bashing dan SARA.
  2. Calon MDR harus mem-follow blog exofanfiction.wordpress.com
  3. Follow twitter @exofanfic_id, @kimhyeah22, @AraskaPublisher, @_Melodiary dan @mykpopstore
  4. Mengirimkan email biodata dengan subyek/judul email [Pendaftaran MDR]_nama kamu ke dan exofanfiction.party@yahoo.com dengan format:

Tuliskan Biodata kamu, antara lain: nama lengkap, nama pena, alamat rumah lengkap (termasuk kecamatan dan kode pos), no.HP, twitter, alamat blog wordpress, dan alamat email yang digunakan untuk wordpress. *wordpress perlu untuk kami invite ke blog dan untuk memberikan komentar Biodata ditulis pada body email.

Lihat contoh pengiriman dan tata cara pengiriman di sini!

  1. MDR dipilih sendiri oleh author yang karyanya masuk BIG30.
  2. Readers yang aktif memberikan komentar pada setiap FF yang diposting akan menjadi nilai tambah.
  3. Tidak ada jumlah batasan bagi panjang komentar, tetapi admin mengharapkan komentar yang lugas, tidak terlalu panjang, analisa yang dalam, serta bersifat membangun dan tepat sasaran.
  4. Komentar ini diharapkan akan menjadi masukan yang berharga bagi authors peserta kontes ini.
  5. Contoh komentar yang tidak dianjurkan:
    1. Daebak Thor!
    2. Pantesan Menang 🙂
    3. Ini nggak bisa ada sequelnya ??
    4. SUKA BANGET!
  6. Readers yang ingin mengikuti Kompetisi MOST DEDICATED READERS (MDR) 2014, harus memberikan komentar ke semua fanfiction milik finalis. Jika tidak bisa, setidak-tidaknya 75% dari jumlah FF finalis. Misal ada 30 FF finalis, calon MDR harus memberikan komentar setidaknya pada 17 FF.
  7. Calon MDR bisa memberikan komentar lebih dari satu kepada masing-masing karya FF.
  8. Author boleh membalas komentar readers pada tanggal yang ditentukan.
  9. Author yang masuk finalis yang berhak memilih MDR (bukan juri), jadi pilihlah readers yang memberikan komentar yang benar-benar bermutu menurutmu.
  10. Author mengirimkan formulir MDR favoritmu dengan subjek MDR_nama kamu ke exofanfiction.party@yahoo.com dengan format:

FORMAT PENENTUAN MDR WINNER (WAJIB DILAKUKAN OLEH AUTHOR FINALIS) 1. Nama Lengkap :……………………… 2. Nama Pena : ……………………… 3. Alamat : (Lengkap beserta kode pos) ………………………. 4. Telepon/HP : ……………………………… 5. Judul FF :……………………………….. MOST DEDICATED READERS pilihan author: Urutan 1 : ………………………………… Urutan 2 : ……………………………….. Urutan 3 : ………………………………..

Lihat contoh pengiriman dan tata cara pengiriman di sini!

 ➷Pemilihan Favorite Fanfiction:

  1. Kompetisi ini juga akan memilih Favorite FF. Favorite FF ini dipilih sendiri oleh readers bukan oleh juri. Jadi untuk readers, pilihlah FF terbaik. Terbaik tidak hanya karena ceritanya yang bagus tapi perhatikan juga penggunaan bahasa, alur, penjiwaan, karakter tokoh dan pesan moral di dalamnya.
  2. Yang berhak memilih Favorite FF adalah readers calon Most Dedicated Readers (MDR) (persyaratan untuk menjadi kandidat MDR harap baca di tulisan sebelumnya)
  3. Kirimkan form-nya dengan subjek Favorite FF_Nama Kamu ke exofanfiction.party@yahoo.com dengan format:

FORMAT FF FAVORIT (WAJIB DILAKUKAN OLEH READERS YANG INGIN MASUK MENJADI KANDIDAT MOST DEDICATED READERS)

  1. Nama Lengkap : ……………………………………….
  2. Nama Pena : ……………………………………..
  3. Alamat : (Lengkap beserta kode pos) ……….
  4. Email : ………………………………………
  5. Blog : ………………………………………
  6. Twitter : ………………………………………
  7. Telepon/HP :…………………………………………
  8. Berapa jumlah komentar yang diberikan pada kompetisi ini: (misal 17 komentar untuk 30 FF Finalis berarti tulis 17/30): ……………………

Judul FF Favorite: Urutan 1 : ………………………………… Urutan 2 : ……………………………….. Urutan 3 : ………………………………..

Lihat contoh pengiriman dan tata cara pengiriman di sini!

 ➷Jadwal Kegiatan:

Tanggal

Uraian

Keterangan

13 November 2014

Mulai promosi lomba

14 November – 31 Desember 2014

Pengiriman Fanfiction

Pengiriman Formulir Pendaftaran MDR

Kirim ke email:

exofanfiction[dot]party[at]yahoo[dot]com

31 Desember 2014

Penutupan pengiriman FF dan formulir pendaftaran MDR

Pukul 24.00 WIB

5 Januari 2015

Pengumuman Judul FF yang lolos tahap administrasi

Diseleksi oleh admin

 6 Januari – 1 Februari 2015

Pemilihan Finalis BIG30

Dinilai oleh Juri

7 Februari 2015

Pengumuman Finalis BIG30

Diumumkan di blog: exofanfiction.wordpress.com

7 – 8 Februari 2015

Posting FF Finalis BIG30

Posting FF serentak. Posting FF di blog XOXO Party (xoxoparty.wordpress.com).  Blog hanya bias diakses oleh admin, juri, finalis BIG30 dan MDR. Hal ini karena 10 Karya terbaik akan diterbitkan.

9 – 28 Februari 2015

Calon MDR dapat memberikan komentar

MDR dilarang menyebarkan isi FF.

1 – 8 Maret 2015

Author finalis wajib membalas komentar readers

Calon MDR masih bisa memberikan komentar pada tanggal ini tapi tidak diperhitungkan dalam penilaian.

Author harus membalas karena akan mempengaruhi penilaian.

9 – 22 Maret 2015

Pengiriman formulir FAVORITE FF dan MOST DEDICATED READERS

Jangan tertukar!

Calon MDR mengirimkan formulir FAVORITE FF

Author Finalis mengirimkan formulir MDR

23 Maret – 19 April 2015

Penjurian pemenang

 

Kategori Best FF, FF Favorit Juri dan FF inspriratif murni dipilih oleh Dewan Juri.

Kategori FF Favorit MDR dipilih berdasarkan penilaian MDR dan pertimbangan Juri.

20 April 2015

Pengumuman pemenang

Diumumkan di blog: exofanfiction.wordpress.com

21 – 30 April 2015

Sosialisasi dan pengiriman penjanjian penerbitan buku untuk 10 Karya Pilihan Juri

Author yang masuk terpilih diharapkan sering men-cek email dan update info di blog.

21 – 31 Mei 2015

Pengiriman hadiah dan konfirmasi penerimaan hadiah

Harap mention @exofanfic_id jika sudah menerima hadiahnya.

 Jadwal kegiatan bisa juga LIHAT DI SINI!

*Jadwal kegiatan (kecuali deadline pengiriman fanfic) bisa berubah. Terus cek blog untuk update terbaru.

Cek Data  FF & Pendaftaran MDR yang sudah masuk disini!

Nah, itu informasi detail tentang XOXO Party 2015, jika masih ada yang kurang jelas silahkan meninggalkan pertanyaan di kolom komentar atau mention pertanyaan kamu ke @exofanfic_id dengan hastag #xoxoparty2015. Untuk pertanyaan umum silahkan membaca FAQ terlebih dahulu sebelum bertanya, dan mohon untuk tidak menanyakan pertanyaan yang sama berulang-ulang. Kamu bisa cek juga pertanyaan-pertanyaan yang sudah dijawab admin. Cek terus blog untuk update terbaru. Dan, jangan lupa untuk mempromosikan event ini ke teman-teman kamu ya~ Selamat berkarya!

150105 UPDATE

BANNER-xoxoparty2015 Berikut adalah daftar MDR yang lolos seleksi administrasi:

Angelina Park
Lee Yong Mi
Kare
DRS’s
Widyys
Cicil
whirlight
Pitepang
TiFannyOh
Nealra
Jongchansshi
Nisa
ryeong12_ID
AmmL17
xyzWOLF
Chubbybee
Oem
Bubblepoo
alfykmn
Fidya
vhaerizz
Febby Fatma
Fanficfunny
adorableyou
Lian
syalala94
Riana Nanana
Last Snowdrop
Naura Kim
minorion
Royalpinku
YGN
yuridistapp
Hyesoo
Ekadesty
GSB
Kyla Hana
puchanli
Twelveblossom
Red Scarlet
happywenday
vii-unique
coolgoldendeer
dyolight.
rainsmell79
nathanvivian
Pipi
YooAN
dyodo12
dearodultdeer
Kee-Rhopy
Joonisa
dewimaysaa
laxies
delusionalolympian
Altabella
felshinyeong
februarycroix
Caeledelweis
Afiasha Jung
Amaterasu Hikari
DheaOctavera
Kurochiin
Aleyna
rizkaf
blanchelyra

Berikut adalah daftar FF yang lolos seleksi administrasi:

I’m Sorry
Part of Friendship
UNO (One)
Love is
Twenty Six
After A Long Years
You Are My Destiny
Find The Way
Miracles In December
Thousand Paper Stars
Possessive Best Friends
Back To April
You Shouldn’t Leave Me Like This
You Aren’t Mine
Back To December
Firework
A Little Thing Called Love
Karena Kita Adalah Mata dan Telinga
Perpetual Hope
This Winter
The King’s Bestfriend
Not Only A Mission,But Also…
The Meeting
Waiting
Because I Love You
The Bus and Tteokbokki
Friendship and dream (칭우 또 꿈)
Look At Me
Forever and Always
Friendzone
Yesterday Reunion
Under The Rainbow
Love in Autumn
Of Galaxies, Holobox, And Ethollos
Frozen Flower
Forever and (only) One
Love or Brother
The Secret
Mother
Satu Payung
União
Membuka Pintu Baru
My Fan (Penggemarku)
Stories Inside
Never End, Never End, Never End
Road to Neverland
(Un)Regret
Perfect
The Last Man
Balance
The One
Believe
Black Raison D’être (Inside Identity)
Theobromine
Lies
True Friendship
Hadiah Natal
About Love
What is Love?
Detektif Park
Between The War
Tell The Truth
Memories
Bittersweet Revenge
Flame Prince
Peterpan and Tinkerbell
Rainbow Without Violet
No Place House
Lullaby and Goodnight
First Love Story
Iam Your Girl
Passing Time, Passing Problem
Immortal
Silence In My Life
Little Snow in Incheon
Fight For The Light
2 + 2 = 5
Alone
Delayed
Real Love
Live In You
Penyesalan Baekhyun
Simple
I Wanna Buy Your Time
Semper Fidelis
The Journey
Code : One
Melodi Emosi
Abadi
My Story (How I Reach Your Hand)
Memories Of You (Time to let it go)
Scent of Endearment
Metonimia
Mission Blue
Azure Portrait and The Beating of Two
The Lost Memories
With you
Twilight is you
Odette
Would You Open It?
Love His Sister
It Will Rain
Chingoo (Friend)
Woman Face
Forehead Kiss
Unlock
Time ( A Piece Of Memories)
Kisah Cinta Paling Sederhana
Candy

Tolong dijaga ke-anoniman-nya ya 🙂

150208 UPDATE

BANNER-xoxoparty2015-2 Yak, inilah dia yang sudah ditunggu-tunggu~ *drumroll* daftar cerita yang lolos seleksi BIG 30! Apa judul cerita kalian ada di dalam daftar? Silahkan di-cek ^^

  1. 2+2 = 5
  2. Azure Portrait and the Beating of Two
  3. Code One
  4. Firework
  5. Kisah Cinta Paling Sederhana
  6. Metonimia
  7. Of Galaxies, Holobox, and Etholios
  8. Part of Friendship
  9. Rainbow without Violet
  10. Satu Payung
  11. Scent of Endearment
  12. Stories Inside
  13. The Bus and Tteokbokki
  14. The Journey
  15. The King’s Best Friend
  16. Thousand Paper Stars
  17. Twenty Six
  18. Uniao
  19. Black Raison D’etre (Inside Identitiy)
  20. My Story (How I Reach Your Hand)
  21. No Place Home
  22. Perpetual Hope
  23. Abadi
  24. Passing Time, Passing Problem
  25. The Meeting
  26. Time (a Place of Memories)
  27. Immortal
  28. Never End, Never End, Never End
  29. Yesterday Reunion
  30. You Aren’t Mine

Perhatian, daftar ini ditulis acak, tidak berdasarkan urutan ranking. Oh, iya, tidak ada cerita yang berjudul sama dari semua fanfic yang masuk. Jangan lupa bagi tiap penulis untuk tetap menjaga ke-anonim-an-nya masing-masing. ^^

Semua FF yang masuk bagus-bagus dan cukup membuat juri kewalahan, jadi jangan berkecil hati jika kamu tidak masuk BIG 30. Masih banyak kok kesempatan lomba menulis lainnya di luar sana dan masih akan ada XOXO Party tahun depan. ^^

FF yang tidak masuk BIG30 kami kembalikan ke author masing-masing. Kalian boleh posting FF kalian dimanapun 🙂

P.S. untuk BIG 30 dan MDR, jangan lupa cek email masing-masing agar tidak terlewat email notifikasi invitation blog XOXO Party, ya! 😀 invitation akan dikirimkan dalam waktu dekat ^^

Terima kasih atas partisipasinya dalam XOXO Party 2015. Terus cek blog untuk informasi terbaru.

XOXO!

Iklan

327 thoughts on “EXOFanfiction & hyeahkim ‘ XOXO Party 2015’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s